ANALISIS SEKTOR BASIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS LOCATION QUOTIENT DAN SHIFT SHARE DI KOTA PAYAKUMBUH

Authors

  • Dicha sabrina
  • Irwan muslim
  • nurul huda

Abstract

INTISARI
Pembangunan daerah merupakan tolak ukur dalam menilai keberhasilan suatu daerah sehingga sangat perlu diperhatikan agar terciptanya pertumbuhan ekonomi serta pemerataan hasil pembangunan dalam pendapatan daerah. Pembangunan daerah di kota Payakumbuh diharapkan lebih terarah dan tepat sasaran guna terciptanya pembangunan yang berkelanjutan, serta merangsang perkembangan kegiatan ekonomi di kota Payakumbuh.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sektor basis, mengidentifikasi perubahan dan pergeseran sektor serta pola pertumbuhan sektor ekonomi dan klasfikasi sektor perekonomian di kota Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari BPS kota Payakumbuh dan BPS provinsi Sumatera Barat berupa data PDRB kota Payakumbuh dan data PDRB Sumatera Barat tahun 2001-2016. Alat analisis yang digunakan adalah analasis Location Quotient (LQ) dan Shift Share.
Hasil penelitian Location Quotient (LQ) menunjukkan bahwa sektor basis di kota Payakumbuh yang paling dominan di kota Payakumbuh adalah sektor pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang, dan sektor penyediaan akomodasi, dan makan minum.
Hasil penelitian Shift Share menunjukkan bahwa pertumbuhan regional di seluruh sektor lapangan usaha mengalami keterlambatan dibandingkan sektor yang sama di provinsi Sumatera Barat sedangkan menurut pertumbuhan proporsional seluruh sektornya memiliki kemajuan, lalu menurut proporsi pangsa wilayah yang merupakan penentu daya saing di dalam analisis Shift Share hampir seluruh sektor memiliki daya saing yang kuat hanya ada satu yaitu sektor pertambangan dan penggalian yang tidak memiliki daya saing. Menurut klasifikasi yang didasarkan pada pertumbuhan proporsional dan proporsi pangsa wilayah, ada satu sektor yang berada pada kuadran III yaitu sektor pertambangan dan penggalian artinya sektor ini cenderung berpotensi, sedangkan sektor lainnya berada pada kuadran I yang menunjukkan bahwa adanya potensi perkembangan yang pesat di kota.
Kata Kunci: PDRB, Sektor Basis, Struktur Ekonomi, Location Quotient, Shift Share

Published

2018-08-24