ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISA HASIL USAHA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA KAPUR PUTIH KOTA PADANG

Authors

  • Jerry Triandana
  • kasman karimi
  • firdaus Sy

Abstract

INTISARI
Koperasi mempunyai arti bekerja sama. Adanya kerja sama dimaksudkan untuk mencapai tujuan yang semula sukar dicapai oleh orang perseorang, tetapi akan mudah dicapai bila dilakukan kerja sama antara beberapa orang. Oleh karena itu koperasi sangat berperan dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional dalam mensejahterakan ekonomi rakyat.Tujuan koperasi adalah untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.Sekalipun mencari keuntungan bukan tujuan utama dari usaha koperasi, tetapi usaha yang dikelola oleh koperasi harus memperoleh SHU (Sisa Hasil Usaha) yang layak sehingga koperasi dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan meningkatkan kemampuan usahanya .
Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar ketertarikan orang terhadap koperasi Pegawai Republik Indonesia Kapur Putih serta mengetahui pengaruh faktor-faktor simpanan wajib, simpanan pokok, jumlah anggota koperasi terhadap SHU KPRI Kapur Putih Kota Padang. Data yang digunakan untuk mendukung penelitian adalah data sekunder.yaitu simpanan wajib, simpanan pokok dan jumlah anggota yang diterbitkan melalui koperasi sendiri. Alat analisis yang digunakan pada peneliti ini adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian berdasarkan analisis linear beganda menunjukkan bahwa simpanan wajib berhubungan positif terhadap sisa hasil usaha, simpanan pokok berhubungan positif terhadap sisa hasil usaha dan jumlah anggota berhubungan negatif terhadap sisa hasil usaha.
Kesimpulan dari penelitian tersebut simpanan wajib tidak berpengaruh signifikan terhadap SHU. Simpanan wajib sangat perlu di dalam koperasi karena berperan di dalam meningkatkan sisa hasil usaha. Semakan banyak simpanan di dalam koperasi, maka akan meningkatkan volume kegiatan koperasi.
Kata Kunci : SHU, Simpanan Wajib, Simpanan Pokok, Jumlah Anggota.

Published

2018-08-24