ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN SEKTOR PARIWISATA DI SUMATERA BARAT

Authors

  • Ade Irmayeni
  • Irwan muslim
  • Helmawati Helmawati

Abstract

INTISARI
Penerimaan Pariwisata merupakan pembayaran atas layanan yang diberikan oleh perusahaan atau tempat usaha yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh wisatawan, khusunya dapat dilihat dari jumlah pendapatan industri pariwisata yang terdiri dari pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, retribusi vila/persinggahan serta retribusi tempat rekreasi.
Maksud dari tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jumlah wisatawan asing terhadap penerimaan sektor pariwisata, seberapa besar pengaruh rata-rata lama menginap terhadap penerimaan sektor pariwisata, seberapa besar pengaruh tingkat hunian hotel terhadap penerimaan sektor pariwisata di Sumatera Barat.. Data yang digunakan untuk mendukung penelitian adalah data sekunder. Yaitu jumlah wisatawan, rata-rata lama menginap dan tingkat hunian hotel yang di terbit kan melalui BPS. Alat analisis yang digunakan pada peneliti ini adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian berdasarkan analisis linear beganda menunjukkan bahwa Jumlah wisatawan , rata-rata lama menginap dan tingkat hunian hotel merupakan dari penerimaan pariwisata di Sumatera Barat. Berdasarkan analisis linear berganda bahwa Jumlah wisatawan, tingkat hunian hotel berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan pariwisata dan rata-rata lama menginap tidak berpengaruh positif atau tidak signifikan terhadap penerimaan sektor pariwisata di Sumatera Barat.
Kesimpulan dari penelitian tersebut untuk pengelolaan sumber pendapatan daerah perludidentifikasi karena banyak sumber-sumber pendapatan yang belum dikelola secara cepat, tepat serta pengawasan yang belum efektif oleh pemerintah sehingga dalam pemungutan pajak daerah belum maksimal, agar pengelolaan manajemen dan pengelolaan dapat dilakukan secara terbuka, sehingga dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap pendapatan asli daerah.
Kata Kunci : Penerimaan Sektor Pariwisata, Jumlah Wisatawan, Rata-rata Lama Menginap, Tingkat Hunian Hotel.

Published

2018-08-24