ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN TENAGA KERJA HOME INDUSTRY DI KECAMATAN PARIAMAN TENGAH KOTA PARIAMAN

Authors

  • Ichke Dwi Permata sari
  • Irwan muslim
  • firdaus Sy

Abstract

INTISARI
Penelitian ini meneliti tentang analisis faktor faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja home industry di kecamatan pariaman tengah kota pariaman, Penyerapan tenaga kerja menjelaskan tentang hubungan kuantitas tenaga kerja yang dikehendaki dengan tingkat upah. Permintaan pengusaha atas jumlah tenaga kerja yang diminta karena orang tersebut dapat meningkatkan jumlah barang atau jasa yang diproduksi dan kemudian dijual kepada konsumen. Adanya pertambahan permintaan perusahaan terhadap tenaga kerja bergantung kepada pertambahan permintaan masyarakat akan barang dan jasa yang diproduksi (Simanjuntak, 2001).
Teori pada penelitian ini menggunakan teori pasar tenaga kerja dan teori penawaran tenaga kerja. Teori pasar tenaga kerja menjelaskan tempat aktivitas dari bertemunya pelaku-pelaku, pencari kerja dan pemberi lowongan kerja Solmon (1980). Sedangkan teori penawaran tenaga kerja menjelaskan tentang fungsi dari upah, sehingga jumlah tenaga kerja yang ditawarkan akan dipengaruhi oleh tingkat upah.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Survai Industri Rumah Tangga 2017. Data Survai Industri Rumah Tangga 2017 ini bersumber dari kerjasama lembaga BPS, dengan menggunakan pertanyaan standar untuk mendapatkan informasi tentang penyerapan tenaga kerja, upah, produktifitas tenaga kerja, dan modal. Kuisioner tersebut mencakup isu dan pertanyaan baru sesuai kebutuhan. Survai Industri Rumah Tangga 2017 merupakan survai yang diakukan oleh BPS yang merupakan bagian dari program. Penguji hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.
Dalam penelitian ini mengajukan tiga hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) upah berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja, (2) produktifitas tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja (3) modal berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa upah berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja, produktifitas tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja, modal berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja.
Kata kunci : Penyerapan Tenaga Kerja, Upah, Produktifitas Tenaga Kerja, Modal

Published

2018-08-24