ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISA HASIL USAHA KOPERASI DI KOTA PADANG

Authors

  • Ratri Vergilita Dwinda
  • kasman karimi
  • firdaus Sy

Abstract

INTISARI
Koperasi merupakan lembaga yang menjalankan suatu kegiatan usaha dan pelayanan yang sangat membantu dan di perlukan oleh anggota koperasi dan masyarakat. Kegiatan usaha yang kebutuhan keuangan, perkreditan, kegiatan pemasaran, atau kegiatan lain. hal ini dapat dilihat pada peranan beberapa koperasi kredit dalam menyediakan dana relatif muda bagi anggotanya dibandingkan dengan prosedur yang harus di tempuh untuk memperoleh dana dari bank. Salah satu program tersebut adalah koperasi. Koperasi merupakan salah satu bentuk badan usaha yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia yang pantas untuk di tumbuh kembangkan sesuai badan usaha penting dan bukan sebagai alternatif terakhir.
Maksud dari tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat minat orang terhadap koperasi di Padang serta menganalisis pengaruh faktor-faktor Jumlah Anggota, modal, dana cadangan, dan volume usaha koperasi di kota padang. Data yang digunakan untuk mendukung penelitian adalah data sekunder.yaitu jumlah anggota, modal, dana cadangan dan volume usaha yang di terbit kan melalui Badan Pusat Statistik. Alat analisis yang digunakan pada peneliti ini adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian berdasarkan analisis linear beganda menunjukkan bahwa Jumlah Anggota , modal, dana cadangan dan volume usaha. merupakan dari Sisa hasil usaha koperasi di kota padang. Berdasarkan analisis linear berganda bahwa sanya jumlah anggota berpengaruh positif dan modal berpengaruh positif dan dana cadangan berpengaruh positif dan volume usaha berpengaruh positif.
Kesimpulan dari penelitian tersebut Jumlah volume usaha dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap SHU dalam hipotesis pada penelitian ini. Maka perlunya peningkatan volume usaha di dalam koperasi sehingga berdampak pada peningkatan pecapaian keuntungan. Jika keuntungan meningkat maka akan berdampak pada peningkatan pencapaian keuntungan. Maka koperasi di Kota Padang dapat meningkatkan nilai penjualan/pendapatan barang dan jasa pada tahun buku yang bersangkutan.
Kata Kunci : SHU, Jumlah anggota, modal, dana cadangan dan volume usaha.

Published

2018-08-24