ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISA HASIL USAHA DEPERTEMENT PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DI KECAMATAN PADANG UTARA

Authors

  • Lisa Novia marta
  • kasman karimi
  • firdaus Sy

Abstract

INTISARI
Pertumbuhan perekonomian di Indonesia saat ini tidak terlepas dari peranan koperasi sebagai penggerak ekonomi rakyat. Pada dasarnya koperasi dikelola dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya dan masyarakat secara keseluruhan.Sekalipun mencari keuntungan bukan tujuan utama dari usaha koperasi, tetapi usaha yang dikelola oleh koperasi harus memperoleh SHU (Sisa Hasil Usaha) yang layak sehingga koperasi dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan meningkatkan kemampuan usahanya .
Maksud dari tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat minat orang terhadap koperasi di koperasi DEPDIKBUD DI Kecamatan Padang Utara serta mengenalisis pengaruh faktor-faktor Jumlah Anggota, Jumlah simpanan, Jumlah pinjaman koperasi DEKDIKBUD. Data yang digunakan untuk mendukung penelitian adalah data sekunder.yaitu jumlah anggota jumlah pinjamn dan jumlah simpanan yang di terbit kan melalui koperasi sendiri. Alat analisis yang digunakan pada peneliti ini adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian berdasarkan analisis linear beganda menunjukkan bahwa Jumlah Anggota , jumlah Pinjaman dan jumlah Simpanan . merupakan dari Sisa hasil usaha di kecamatan padang utara. Berdasarkan analisis linear berganda bahwa sanya jumlah anggota berpengaruh nrgatif dan jumlah pinjaman berpengaruh positif dan jumlah simpanan berpengaruh positif.
Kesimpulan dari penelitian tersebut Jumlah anggota tidak berpengaruh signifikan terhadap SHU. Jumlah anggota sangat perlu di dalam koperasi karena peran anggota dalam pengelolaan sangat penting. Maka koperasi di Kota Padang dalam pengambilan bunga haruslah sangat rendah dibandingkan badan usaha lainnya. Sehingga anggota aktif di dalam menjalankan usaha maka SHU akan meningkat
Kata Kunci : SHU, Jumlah anggota, jumlah Pinjaman dan jumlah Simpanan.

Published

2018-08-24