ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI KEDELAI DI PROVINSI SUMATERA BARAT

Authors

  • Rini Azimah
  • Firdaus Sy
  • kasman karimi

Abstract

INTISARI
Penelitian ini meneliti tentang faktor-faktor yang mempengaruhi produksi kedelai yang ada di Provinsi sumatera Barat. Kedelai merupakan sumber protein nabati yang kebutuhannya terus meningkat, dengan meningkatnya produksi pada komoditas kedelai maka kebutuhan akan terus dapat di penuhi. Oleh karena itu dengan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi produksi kedelai maka akan sangat berguna untuk mengkaji dan memproyeksikan kedepannya apa saja yang pelu ditingkatkan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh luas lahan, harga benih/bibit kedelai serta harga kedelai lokal di Provinsi Sumatera Barat. Data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data produksi kedelai dari tahun 1998 hingga 2016, data luas lahan, harga benih kedelai serta harga kedelai lokal yang di terbitkan oleh BPS. Alat analisis yang di gunakan pada penelitian ini adalah Analisis Linier Berganda.
Hasil Penelitian berdasarkan analisis linier berganda menunjukkan bahwa variabel luas lahan mempunyai hubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap produksi kedelai, variabel harga benih mempunyai hubungan negatif dan berpengaruh signifikan terhadap produksi kedelai dan variabel harga kedelai lokal mempunyai hubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap produksi kedelai.
Kesimpulan dari penelitian ini, pemerintah harus lebih fokus memberikan perhatian kepada peningkatan produksi kedelai di Provinsi Sumatera Barat, seperti penambahan areal tanam agar produksi meningkat, lalu dalam penyediaan benih bersubsidi yang berkualitas unggul agar menambah gairah bertanam bagi petani, serta adanya jaminan harga dari pemerintah agar daya jual petani semakin meningkat.
Kata Kunci : Produksi Kedelai, Luas Lahan, Harga Benih, Harga Kedelai Lokal

Published

2018-08-24