PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU) DAN JUMLAH ANGKATAN KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PASAMAN BARAT

Authors

  • Sahsi Audina
  • Antoni Antoni
  • nurul huda

Abstract

Intisari
Pertumbuhan ekonomi merupakan masalah perekonomian suatu negara dalam jangka panjang. Pertumbuhan ekonomi mengukur prestasi dari perkembangan suatu perekonomian dari suatu periode ke periode berikutnya. Pembangunan daerah merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang dilaksanakan berdasarkan prinsip otonomi daerah dan pengaturan sumberdaya nasional yang memberikan kesempatan bagi peningkatan demokrasi dan kinerja daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju masyarakat madani yang bebas kolusi, korupsi dan nepotisme.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan asli daerah, Dana Alokasi Umum, Jumlah Angkatan Kerja terhadap pertumbuhan ekonomi di Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapat dari Badan Pusat Statistik (BPS) Pasaman Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan ECM (Error Correction Model).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pendapatan asli daerah berpengaruh tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pasaman Barat. (2) dana alokasi umum berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pasaman Barat. (3) jumlah angkatan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pasaman Barat. (4) pendapatan asli daerah, dana alokasi umum dan jumlah angkatan kerja secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pasaman Barat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendapatan asli daerah tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Pendapatan asli daerah merupakan salah satu sumber pendapatan dalam pembiayaan daerah, maka dari itu diharapkan pemerintah dapat meningkatkan pendapatan tersebut melalui kebijakan fiskal yang ditetapkan oleh pemerintah daerah. Salah satu jalan dimana daerah dapat berkembang sesuai kemampuan daerahnya adalah melalui otonomi daerah.
Kata kunci: Pendapatan Asli Daerah ,Dana Alokasi Umum ,Jumlah Angkatan Kerja dan Pertumbuhan Ekonomi

Published

2018-08-24