ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN DRIVER GO-JEK DI KOTA BUKITTINGGI

Authors

  • Sari Eka Putri
  • Evi Susanti Tasri
  • kasman karimi

Abstract

INTISARI
Pada era modern seperti saat sekarang ini kendaraan sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting. Karena kebutuhan yang sangat penting ini, maka kita membutuhkan sistem yang mampu menyajikan ketersediaan transportasi yang nyaman, cepat,lancar dan tidak menguras kantong. Munculnya PT Go-jek memberika penawaran yang sangat menggiurkan kepada pencari kerja yaitu pembagian hasil 80 persen untuk driver dan 20 persen untuk perusahaan. Tawaran ini membuat masyarakat berbondong-bondong mendaftarkan dirinya di Go-jek.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh 5 variabel Independen yaitu : Jam Kerja, Umur, Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja, dan Kondisi Sepeda Motor terhadap 1 variabel Dependen Yaitu Pendapatan. Penelitian ini menggunakan jenis data Primer. Atau data yang diperoleh dari menyebarkan angket kuesioner sebanyak 120 sampel. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan SPSS. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa 3 variabel Independen yaitu : Jam Kerja, Pengalaman Kerja, dan Tingkat Pendidikan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan driver Go-jek. Sedangkan 2 variabel Independen lainnya tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan driver Go-jek.
Hasil tersebut menyatakan bahwa para pencari kerja yang ingin mendaftarkan dirinya di Go-jek untuk lebih melihat 3 faktor yang signifikan di atas sebagai tolak ukur untuk bergabung pada PT Go-jek di kota Bukittinggi.
Kata Kunci : Jam Kerja, Umur, Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja, dan Kondisi Sepeda Motor, Pendapatan.

Published

2018-08-24