ANALISIS PENGARUH TENAGA KERJA, TINGKAT PENDIDIKAN DAN INVESTASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN SIJUNJUNG

Authors

  • Kosmelit Kosmelit
  • Antoni Antoni
  • Helmawati Helmawati

Abstract

Intisari

     Pembangunan ekonomi merupakan suatu perubahan struktur ekonomi dan usaha-usaha untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejaheraan penduduk atau masyarakat.

     Bagaimana pengaruh variabel tenaga kerja,tingkat pendidikan dan investasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sijunjung?

 

PDRB atas dasar harga konstan pada tahun 2002-2017 yang diukur dalam satuan persen.

Variabel bebas adalah suatu variabel yang variasinya mempengaruhi variabel lain. diketahui (Azwar, 2001).

 

Tenaga kerja adalah penduduk yang siap melakukan pekerjaan,  

data jumlah tingkat pendidikan yang ditamatkan pada level SLTA pada tahun 2002-2017 dalam satuan jiwa dan investasi di Kabupaten Sijunjung  yang didapatkan secara pertahun (time series) dari tahun 2002-2017 dalam satuan ribu rupiah.

 

Berdasarkan persamaan Error Correction Model (ECM) dilakukan, ditemukan bahwa variabel tenaga kerja dan investasi tidak ada pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sijunjung dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

 

Ditemukan bahwa variabel tingkat pendidikan memiliki hubungan yang tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sijunjung dalam jangka pendek.Sedangkan dalam jangka panjang variabel tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sijunjung.

 

Dilihat dari nilai  Error Correction Term (ECT) yang signifikan, sehingga menunjukan bahwa pendekatan Error Correction Model dapat dikatakan valid atau sah.Perkembangan pertumbuhan ekonomi tiap tahunnya harus diperhatikan agar tetap stabil peningkatannya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat.

 

KATA KUNCI :Tenaga Kerja,Tingkat Pendidikan,Investasi,Pertumbuhan ekonomi.

 

Published

2018-08-24