PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris tentangpengaruh ukuran perusahaan dan good corporate governance terhadap manajemen laba. Manajemen laba merupakan suatu tindakan campur tangan yang sengaja dilakukan oleh manajer dalam proses penyusunan laporan keuangan, dengan cara menaikkan atau menurunkan laba tanpa dikaitkan dengan peningkatan atau penurunan profitabilitas ekonomi perusahaan untuk jangka panjang. Pada perusahaan syariah, nama perusahaan akan menjadi citra yang baik oleh investor, namun tindak manajemen laba masih terdapat pada perusahaan yang menerapkan sistem syariah.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keagenan dan akuntansi positif. Teori keagenan dan teori akuntansi positif menerangkan tindak manajemen laba secara praktik manajemen sebagai agen yang menggunakan metode prediksi akuntansi kepada laporan keuangan yang ditujukan untuk kepentingan invesor sebagai principal.Ukuran perusahaan dapat menentukan kemungkinan tindak manajemen laba. Dan good corporate governance diharapkan mampu mengontrol manajemen laba
Penelitian ini menggunakan perusahaan perusahaan yang menggunakan populasi pada perusahaan yang listing di Jakarta Islamic index(JII) pada periode 2012-2016 sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil purposive sampling diperoleh 16 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwaterdapat pengaruh negatif ukuran perusahaan pada manajemen laba di perusahaan yang listing di JII. Sedangkan tata kelola perusahaan tidak menunjukan pengaruh terhadap manajemen laba pada perusahaan yang listing di JII
Kata kunci: Manajemen laba, tata kelola perusahaan, ukuran perusahaan.
Downloads
Published
2018-08-24