PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA AKI GS ASTRA DI KOTA PADANG
Abstract
Keputusan pembelian merupakan tahapan atau proses yang dilalui seorang konsumen untuk melakukan tindakan pembelian terhadap sebuah merek. Untuk melakukan tindakan pembelian (action) dilakukan dengan tahapan adanya kebutuhan, proses mencari informasi, menentukan tindakan untuk membeli merek produk yang telah diamati dan melakukan evaluasi pasca pembelian.
Penelitian ini menguji mengenai pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 60 responden yang pernah melakukan pembelian aki GS Astra di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan dua variabel dependen yaitu kualitas produk dan citra merek.
Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa produk Aki GS Astra dapat memenuhi harapan konsumen yang menggunakannya, seperti memiliki daya tahan yang tinggi, produk tidak cepat rusak, perawatan yang mudah hingga proses untuk mendapatkan produk yang tidak sulit menjadi alasan utama bagi konsumen untuk mengambil keputusan memilih dan membeli Aki GS Astra untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara.
Hasil yang diperoleh tersebut juga mengisyaratkan bahwa semakin kuat nilai citra merek yang terbentuk dalam diri konsumen pada Aki GS Astra akan semakin memperkuat keputusan konsumen untuk membeli Aki GS Astra. Keadaan tersebut disebabkan karena konsumen sangat mengenal dan memiliki pengalaman dalam menggunakan berbagai produk Astra, bagi konsumen produk yang dihasilkan oleh Astra Motor merupakan produk berkualitas tinggi dan tidak perlu diragukan lagi.Oleh sebab itu ketika kebutuhan Aki kendaraan muncul maka merek GS Astra selalu menjadi pilihan yang utama.
Kata kunci : keputusan pembelian, kualitas produk, dan citra Merek