PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS), UKURAN PERUSAHAAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2016)

Authors

  • Erma Junita
  • Yuhelmi Yuhelmi
  • Mery Trianita

Abstract

Saat ini persaingan usaha di Indonesia semakin meningkat, khususnya perusahaan yang bergerak dibidang industri makanan dan minuman. Agar mampu bersaing perusahaan harus mempunyai keunggulan dibandingkan dengan pesaingnya, salah satunya yaitu dalam perolehan pedapatan agar mampu meningkatkan nilai perusahaannya. Dalam penelitian ini kenaikan profitabilitas justru berdampak pada penurunan nilai perusahaan, begitu juga sebaliknya. Sementara merujuk dari teori sinyal (signaling theory) yang menyatakan bahwa perusahaan dapat meningkatkan nilai perusahaan dengan memberikan sinyal kepada investor melalui pelaporan informasi terkait kinerja perusahaan sehingga dapat memberikan gambaran akan prospek usaha dimasa depan, sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan.
Penelitian ini menguji mengenai pengaruh Earning Per Share (EPS), ukuran perusahaan, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2016. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 11 perusahaan yang di dapat dari IDX dengan periode penelitian dari tahun 2012-2016. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Sebelum melakukan analisis regresi linier berganda, syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu adalah melakukan uji asumsi klasik. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan program eviews 8.0.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa EPS dan ukuran perusahaan tidak pengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2016. Namun variabel likuiditas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2016.
Tidak berpengaruhnya EPS dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan menunjukkan bahwa setiap terjadi kanaikan atau penurunan tidak mempengaruhi nilai perusahaan, hal ini disebabkan karena perusahaan tidak mengalokasikan dana dengan baik serta kurangnya pengelolaan aset perusahaan dengan baik.
Kata kunci : Earning Per Share (EPS), Ukuran Perusahaan, Likuiditas
dan Nilai Perusahaan

Published

2018-08-27