PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN CELANA JEANS MERK LOGO DI KOTA PADANG
Abstract
Bisnis yang diminati konsumen muda saat ini adalah bisnis dalam bidang fashion. Salah satu jenis garmen yang diminati konsumen muda karena aspek fashion-nya adalah produk jeans. Pihak perusahaan produk jeans harus mampu memasarkan produk mereka dengan jeli dan tepat sasaran. Banyak hal yang mempengaruhi minat konsumen untuk membeli celana jeans. Beberapa hal tersebut merupakan bagaimana promosi pihak perusahaan untuk memasarkan produknya kepada para calon konsumen, seperti mengiklankan produk dengan menggunakan selebriti sebagai bintang iklan agar dapat menarik minat konsumen untuk membeli celana jeans, citra merek dari brand yang akan dipasarkan harus dibangun dengan baik agar dapat diingat oleh konsumen, serta faktor harga yang terjangkau atau sesuai dengan kualitas dari produk tersebut.
Penelitian ini menguji tentang Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen Celana jeans Merk Logo di kota Padang. Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling yang disebarkan kepada 138 orang responden wanita yang pernah mengunjungi counter Logo serta berusia diatas 17 tahun. Metode analisis yang digunakan yaitu analisa regresi linear berganda dengan pengujian kelayakan model (uji F).
Hasil penelitian ini menunjukkan variabel celebrity endorser dan brand image tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen celana jeans merk Logo di kota Padang. Sedangkan variabel harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen celana jeans merek Logo di kota Padang.
Sehingga untuk pihak perusahaan Logo untuk lebih mengingkatkan dan memperhatikan promosi celana jeans merek Logo terutama dalam dalam penggunaan selebriti sebagai bintang iklan dan citra dari merek Logo.
Kata kunci : Celebrity Endorser, Brand Image, Harga dan Minat Beli