ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMISKINAN DI INDONESIA

Authors

  • Arzi Muchtaranda
  • Evi Susanti Tasri
  • Irwan Muslim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pengangguran, pertumbuhan ekonomi, pendidikan, gini ratio, dan rata-rata anggota rumah tangga terhadap kemiskinan. Kemiskinan merupakan masalah yang cukup rumit meskipun di beberapa negara berkembang telah berhasil melaksanakan pembangunan dalam hal produksi dan pendapatan nasional.
Teori pada penelitian ini menggunakan teori kemiskinan, kemiskinan adalah keadaan di mana terjadi kekurangan hal-hal yang bisa untuk di punyai seperti makanan, pakaian, tempat berlindung dan air minum, hal-hal ini berhubungan erat dengan kualitas hidup. Kemiskinan kadang juga berarti tidak adanya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan yang mampu mengatasi masalah kemiskinan dan mendapatkan kehormatan yang layak sebagai warga negara.
Pada penelitian ini menggunakan model regresi data panel, yang menggunakan data antar provinsi di indonesia serta data antar tahun. Jenis data yang di gunakan adalah data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS).
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa, pengangguran berpengaruh positif signifikan terhadap kemiskinan di indonesia, pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kemiskinan di indonesia, pendidikan berpengaruh negatif signifikan terhadap kemiskinan di indonesia, gini ratio berpengaruh positif siginfikan terhadap kemiskinan di indonesia, rata-rata anggota rumah tangga berpengaruh positif signifikan terhadap kemiskinan di indonesia.
Kata kunci : pengangguran, pertumbuhan ekonomi, pendidikan, gini ratio, rata-rata anggota rumah tangga, kemiskinan.

Published

2019-02-15