ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI PADI NAGARI KAMANG HILIR KECAMATAN KAMANG MAGEK KABUPATEN AGAM

Authors

  • Suhaimi Suhaimi
  • Alvis Rozani
  • firdaus Sy

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh jumlah produksi, harga jual, luas lahan dan modal usaha tani di Nagari Kamang Hilir Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam. Di kabupaten Agam sendiri jumlah produksi mengalami peningkatan setiap tahunnya yaitu dari tahun 2012-2016 (BPS Kabupaten Agam). Hal ini berbanding lurus dengan meningkatnya pendapatan di masing-masing daerah pada wilayah tersebut, terutama di Nagari Kamang Hilir.
Teori pada penelitian ini menggunakan teori pendapatan. Pendapatan adalah seluruh perolehan baik yang berasal dari biaya faktor produksi maupun total output yang dihasilkan untuk seluruh produksi dalam suatu perekonomian dalam jangka waktu tertentu (Sadono Sukirno, 2009). Pemenuhan kebutuhan dasar manusia seperti sandang, pangan, dan papan sangat tergantung pada besar kecilnya pendapatan yang diterima oleh seseorang individu.
Populasi pada penelitian ini adalah yang terdiri dari seluruh mayarakat yang bekerja sebagai petani padi sawah di Nagari Kamang Hilir Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam yang berjumlah 1.900 orang, dengan menggunakan metode survey kuisioner. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling incidental dengan jumlah responden sebanyak 95 orang. Pengujian hipotesis ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa, jumlah produksi berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani di Nagari Kamang Hilir, harga jual berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani di Nagari Kamang Hilir, luas lahan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani di Nagari Kamang Hilir, modal usaha tani berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani di Nagari Kamang Hilir
Kata Kunci : Jumlah Produksi, Harga Jual, Luas Lahan, Modal, Pendapatan Petani.

Published

2019-02-15