ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR KOPI INDONESIA KE AMERIKA SERIKAT

Authors

  • Muhammad Zahid Mubarak
  • Nurul Huda
  • firdaus Sy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai tukar rupiah, produksi kopi Indonesia dan harga kopi internasional terhadap ekspor kopi ke Amerika Serikat. Kopi merupakan salah satu komoditi perkebunan yang memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Tingginya ekspor kopi ke Amerika Serikat ini dikarenakan tingginya impor kopi Amerika Serikat yang menunjukkan besarnya konsumsi kopi di Amerika Serikat.
Teori pada penelitian ini menggunakan teori ekonomi internasional. Ilmu ekonomi internasional adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari tentang kegiatan-kegiatan ekonomi antar satu negara dengan negara lainnya atau segala sesuatu mengenai hubungan ekonomi antar bangsa dimana sebagai salah satu cabang dari ilmu ekonomi (Lia Amelia, 2007). Perdagangan Internasional juga membahas bahwa suatu negara akan bertambah kekeyaaan jika sejalan dengan peningkatan keterampilan dan efisiensi keterlibatan para tenaga kerja dan penduduk di negara tersebut dalam proses produksi.
Pada penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan runtun waktu (time series) tahun 1997-2016. Dimana data ini bersumber dari berbagai lembaga atau instansi terkait seperti, Badan Pusat Statistik (BPS), Statistik Perkebunan Indonesia, World Bank, International Coffee Organization dan Bank Indonesia.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai tukar rupiah berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat, (2) produksi kopi Indonesia berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat, (3) harga kopi internasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat.
Kata Kunci: Ekspor kopi, Nilai Tukar Rupiah, Produksi Kopi, Harga Kopi Internasional.

Published

2019-02-15