ANALISIS PENGARUH PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TERHADAP PDRB SEKTOR PERTANIAN DI PROVINSI RIAU

Authors

  • Jogi Trie Pratama
  • Irwan muslim
  • firdaus Sy

Abstract


sektor pertanian di provinsi Riau. PDRB sektor pertanian Provinsi Riau, luas lahan kelapa sawit, produksi kelapa sawit dan harga kelapa sawit dari tahun 2010-2016 mengalami fluktuasi cendrung meningkat.
Teori pada penelitian ini menggunanakan teori PDRB dan teori produksi, perhitungan PDRB dapat dilakukan dengan tiga pendekatan, pendekatan produksi, pendekatan pendapatan, pendekatan pengeluaran. teori produksi ada dua, teori produksi dengan menggunakan satu input variabel (analisis jangka pendek) dan teori produksi dengan menggunakan input dua variabel (analisis jangka panjang).
Data penelitian ini adalah data sekunder melalui studi literature baik dari jurnal, buku, serta sumber data terbitan beberapa instansi. data digunakan dikumpulkan secara time series dan cross-section yang meliputi 11 kabupaten atau kota di Provinsi Riau. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis regresi data panel.
Dalam penelitin ini mengajukan tiga hipotesis, hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) produksi kelapa sawit berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB sektor pertanian (2) luas lahan kelapa sawit berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap PDRB sektor pertanian (3) harga kelapa sawit berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB sektor pertanian.
Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa produksi kelapa sawit berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB sektor pertanian, harga kelapa sawit berpengaruh positif dan signifikan PDRB sektor pertanian, luas lahan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap PDRB sektor pertanian.
Kata kunci: PDRB sektor pertanian, produksi kelapa sawit, luas lahan kelapa, harga kelapa sawit
Oleh : Jogi Trie Pratama ( jogipratama4@gmail.com )
Pembimbing : Dr. Irwan Muslim, SE., MP Drs. firdaus, Sy., MP
INTISARI
Penelitian ini meneliti analisis pengaruh perkebunan kelapa sawit terhadap PDRB

Published

2019-02-15