ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR KAKAO INDONESIA KE SINGAPURA

Authors

  • Rahmad Hidayat
  • Syafrizal Chan
  • Evi Susanti Tasri

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya dan negara yang sangat di untungkan kerena memiliki sumber daya alam yang melimpah, dengan kondisi perkebunan yang luas menjadikan Indonesia unggul dalam sector perkebunan.
Kakao merupakan salah satu sub sector perkebunan yang memiliki peran penting dan cukup besar di dalam pembangunan perekonomian Indonesia, salah satu hasil perkebunan Indonesia adalah kakao, kakao merupakan salah satu ekspor unggulan Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga internasional kakao, kurs dan produksi kakao. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data runtut yaitu periode 2000 – 2015 yang di olah dan di analisis menggunakan regresi linier berganda (OLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga kakao internasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekspor kakao Indonesia ke Singapura, kurs berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ekspor kakao Indonesia ke Singapura, produksi kakao Indonesia berpengaruh positif dan sigifikan terhadap ekspor kakao Indonesia ke Singapura.
Kebijakan pemerintah yang perlu memperbaiki hubungan bilateral antara Indonesia dengan Singapura agar pemerintahan Singapura melonggarkan aturan ekspor agar ekspor kakao Indonesia juga mengalami peningkatan, dan bagi petani kakao agar meningkatkan kualitas pada tanaman kakao agar kakao Indonesia dapat bersaing di pasar internasional.
Kata Kunci : Ekpor Kakao, Harga, Kurs, Produksi

Published

2019-02-18