ANALISIS PENGARUH TENAGA KERJA, KEMISKINAN DAN INVESTASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA PADANG

Authors

  • Syafriadi Amri
  • Nurul Huda
  • firdaus Sy

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh Tenaga Kerja, Kemiskinan dan Investasi terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Padang dari tahun 2011-2017. Pertumbuhan Ekonomi di Kota Padang sendiri di setiap tahunnya mengalami fluktuatif (BPS, 2017).
Teori pada penelitian ini menggunakan teori penyerapan pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Dalam definisi yang lain dijelaskan pertumbuhan ekonomi merupakan terjadinya perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa diproduksi dalam masyarakat bertambah (Sukirno, 2004). Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan metode regresi linear berganda yang diambil dari tahun 2011-2017. Dimana data ini di peroleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang berupa laporan-laporan realisasi tenaga kerja, kemiskinan, investasi dan catatan yang berkaitan dengan penulisan penelitian ini.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa, Tenaga Kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Padang, Kemiskinan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Padang, Investasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Padang.
Kata Kunci : Tenaga Kerja,Kemiskinan dan Investasi

Published

2019-02-18