ANALISI PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BUKITTINGGI DARI SEKTOR PARIWISATA DAN FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Authors

  • Fikri Ilham Vandra
  • Erni Febrina Harahap
  • Helmawati Helmawati

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Analisi Pendapatan Asli Daerah Kota Bukittinggi Dari Sektor Pariwisata Dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya. Pariwisata merupakan sektor potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber penapatan daerah. Hal tersebut terjadi karena ada nya permintaan dari para wisatawan yang datang, dengan demikian kedatangan wisata ke suatu daerah akan membuka peluang bagi masarakat untuk menjadi pengusaha (Wahab, 2001)
Teori dalam penelitian ini mengunakan teori pendapatan asli daerah, pendapatan daerah merupakan suatu kompenan yang sangat menentukan berhasil tidaknya kemandirian pemerintah kabupaten/kota dalam rangka otonomi daerah saat ini. Salah satu komponen yang sangat di perhatikan dalam menentukan tingkat kemandirian daerah dalam rangka otonomi daerah adalah sektor pendapatan asli daerah (PAD). (saleh, 2003).
Sampel dalam penelitian ini adalah PAD Kota Bukittinggi, , julah hotel, jumlah pengunjung objek wisata, jumlah penjualan karcis. Dengan data time series dari tahun 2002 – 2017. pengujian hipotesis menggunakan analisis linier berganda.
Dalam penelitian ini mengajukan empat hipotesis. Hasil yang di proleh membuktikan bahwa, (1) jumlah wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap PAD Kota Bukittinggi (2) jumlah hotel berpengaruh positif dan signifikan terhadap PAD Kota Bukittinggi (3) jumlah pengunjung objek wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap PAD Kota Bukittinggi (4) jumlah karcis berpengaruh positif dan signifikan terhadap PAD Kota Bukittinggi.
Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap PAD Kota Bukittingi, jumlah hotel berpengaruh positif dan signifikan terhadap PAD Kota Bukittinggi, jumlah pengunjung berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap PAD Kota Bukittinggi, jumlah karcis berpengaruh positif dan signifikan terhadap PAD Kota Bukittingi.
Kata kunci : PAD kota BUKITTINGGI, jumlah wisata, jumlah hotel, jumlah pengunjung , jumlah karcis

Published

2019-02-18