ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN PDRB SEKTOR PERTANIAN, TENAGA KERJA DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP PDRB KABUPATEN AGAM

Authors

  • Asrizal Asrizal
  • Irwan muslim
  • Helmawati Helmawati

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Analisis Pengaruh Pertumbuhan PDRB Sektor Pertanian, Tenaga Kerja dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Kabupaten Agam. PDRB Kabupaten Agam beberapa tahun belakang mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada setiap tahunnya, hal ini juga dipengaruhi dengan meningkatnya PDRB sektor pertanian, tenaga kerja dan pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia pada kabupaten tersebut.
Teori dalam penelitian ini mengunakan teori Produk Domestik Ragional Bruto (PDRB). Tiori ini menjelaskan jumlah keseluruhan nilai tambah barang dan jasa yang di hasilkan dari seluruh kegiatan perekonomian di wilayah dalam periode tertentu. PDRB juga mengukur jumlah output akhir barang dan jasa yang dihasilkan oleh perekonomian dalam suatu wilayah, baik oleh penduduk sendiri maupun bukan penduduk, tampa memandang apakah produksi output tersebut nantinya akan dialokasikan ke pasar domestik atau luar negeri (Todora dan Smith 2008).
Sampel dalam penelitian ini adalah PDRB Kabupaten Agam, pertumbuhan PDRB sektor pertanian,, tenaga kerja, dan indeks pembangunan manusia (di daerah Kabupaten Agam), dengan data time series dari tahun 2000 – 2017, pengujian hipotesis menggunakan analisis linier berganda.
Dalam penelitian ini mengajukan tiga hipotesis. Hasil yang di proleh membuktikan bahwa, (1) Pertumbuhan PDRB sektor pertanian berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB Kabupaten Agam (2) Tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB Kabupaten Agam (3) Indeks pembangunan manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB Kabupaten Agam
Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Pertumbuhan PDRB sektor pertanian berpengaruh signifikan terhadap PDRB Kabupaten Agam, tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap PDRB Kabupaten Agam, indeks pembangunan manusia berpengaruh signifikan terhadap PDRB Kabupaten Agam.
Kata kunci: PDRB Kabupaten Agam, pertumbuhan PDRB sektor pertanian, tenaga kerja, indeks pembangunan manusia.

Published

2019-02-18