ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BUNG HATTA PADANG
Abstract
. Penelitian ini meneliti tentang analisis faktor faktor yang mempengaruhi niat berwirausaha pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas bung hatta padang, denganniat bewirausaha sebagai variabel dependen. Faktor yang mempengaruhi munculnya niatdalam diri seseorang untuk berwirausaha adalah sikap berwirausaha, ketrampilanberwirausaha dan faktor kontekstual (Adhimursandi, 2016).
Teori pada penelitian ini menggunakan teori niat kewirausahawan. Teori ini menjelaskan tentang para wirausaha adalah orang orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan kesempatan bisnis mengumpulkan sumber sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dari padanya dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan sukses (Meredith et al, 2009).
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa fakultas ekonomi universitas bung hatta angkatan 2015 yaitu sebanyak 330 orang, dengan menggunakan metode survei kuisioner. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling, untuk keperluan
penelitian ini maka jumlah sampel yang digunakan digenapkan menjadi 200 orang responden. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dan
Analisis Uji Beda. Dalam penelitian ini menggunakan 4 hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) dorongan berwirausaha berpengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha, (2) kemampuan berwirausaha tidak berpengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha, (3) faktor kontekstual berpengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha, (4) faktor sikap
berpengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dorongan berwirausaha berpengaruh
signifikan terhadap niat berwirausaha, kemampuan berwirausaha tidak berpengaruh
signifikan terhadap niat berwirausaha, faktor kontekstual berpengaruh signifikan terhadap
niat berwirausaha, dan faktor sikap berpengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha.
Kata kunci: niat berwirausaha, dorongan berwirausaha, kemampuan berwirausaha, faktor kontekstual, faktor sikap