ANALISIS PENGARUH PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TERHADAP PDRB SEKTOR PERTANIAN KABUPATEN BUNGO (STUDI KASUS PT MEGA SAWINDO PRTAKASA)

Authors

  • Yaza Nando Yusmu
  • Irwan muslim
  • firdaus Sy

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Analisis Pengaruh Perkebunan Kelapa Sawit Terhadap PDRB Sektor Pertanian Kabupaten Bungo (Studi Kasus PT Mega Sawindo Prakasa). Perkebunan kelapa sawit Kabupaten Bungo beberapa tahun belakang berkembang sangat pesat, terutama dilihat dari perkembangan luas lahan, produksi, jumlah tenaga kerja, bahkan perkembangan luas lahan tersebut lebih cepat dari perkebunan karet yang merupakan tenaman yang telah berumur seratus tahun lebih. (Mara: 2013).
Teori dalam penelitian ini mengunakan teori Produk Domestik Ragional Bruto (PDRB). Tiori ini menjelaskan jumlah keseluruhan nilai tambah barang dan jasa yang di hasilkan dari seluruh kegiatan perekonomian di wilayah dalam periode tertentu. PDRB juga mengukur jumlah output akhir barang dan jasa yang dihasilkan oleh perekonomian dalam suatu wilayah, baik oleh penduduk sendiri maupun bukan penduduk, tampa memandang apakah produksi output tersebut nantinya akan dialokasikan ke pasar domestik atau luar negeri (Todora dan Smith 2008).
Sampel dalam penelitian ini adalah PDRB sektor pertanian Kabupaten Bungo Jambi, produksi, luas lahan, tenaga kerja, dan harga (perkebunan kelapa sawit PT Mega Sawindo Prakasa), dengan data time series dari tahun 2002 – 2016, pengujian hipotesis menggunakan analisis linier berganda.
Dalam penelitian ini mengajukan empat hipotesis. Hasil yang di proleh membuktikan bahwa, (1) Produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB sektor pertanian (2) Luas lahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB sektor pertanian (3) Tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB sektor pertanian (4) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB sektor pertanian Kabupaten Bungo
Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa produksi berpengaruh signifikan terhadap PDRB sektor pertanian, luas lahan berpengaruh tidak signifikan terhadap PDRB sektor pertanian, tenaga kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap PDRB sektor pertanian, harga berpengaruh signifikan terhadap PDRB sektor pertanian kabupaten bungo.
Kata kunci: PDRB sektor pertanian, produksi, luas lahan, tenaga kerja, harga.

Published

2019-02-18