ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PENAMBANG PASIR DI NAGARI PASIE LAWEH KECAMATAN LUBUK ALUNG

Authors

  • Tessa Anazakia
  • Evi Susanti Tasri
  • Helmawati Helmawati

Abstract

Kegiatan pertambangan sudah cukup menyebar diseluruh pelosok daerah di Indonesia yang dilakukan baik oleh perusahaan, perorangan, atau sekelompok orang. Demikian halnya dengan Kabupaten Padang Pariaman tepatnya di Kecamatan Lubuk Alung terdapat penambangan bahan galian jenis pasir, batu, kerikil yang terletak pada sepanjang alur sungai. Salah satu daerah yang memiliki sumber daya pasir yang melimpah adalah di Nagari Pasie Laweh Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan penambang pasir di Nagari Pasie Laweh Kecamatan Lubuk Alung dan dampak sebelum dan sesudah adanya pertambangan pasir. Penelitian ini menggunakan jenis data primer. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh (sensus). Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda, McNemar Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian modal kerja dan pengalaman kerja tidak signifikan mempengaruhi pendapatan penambang pasir di Nagari Pasie Laweh Kecamatan Lubuk Alung, sedangkan jam kerja dan umur signifikan mempengaruhi pendapatan penambang pasir di Nagari Pasie Laweh Kecamatan Lubuk Alung. Sedangkan hasil penelitian McNemar menunjukkan bahwa setelah adanya tambang pasir kondisi sosial ekonomi, pendapatan dan lingkungan berpengaruh signifikan setelah adanya tambang pasir.
Hasil tersebut menyatakan bahwa penambang pasir agar lebih memperhatikan kondisi alam, lingkungan, dan fasilitas umum karena dengan adanya tambang pasir mempunyai efek yang kurang baik terhadap sekitarnya.
.
Kata kunci : Pendapatan penambang pasir, Modal kerja, Jam kerja, Pengalaman kerja, Umur.

Published

2019-02-19