ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN BARANG KEBUTUHAN POKOK PADA MINANG MART DI KOTA PADANG

Authors

  • Nofita Sari
  • Syafrizal Chan
  • Helmawati Helmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang kebutuhan pokok pada Minang Mart di Kota Padang dengan responden sebanyak 100 orang pelanggan yang sering berbelanja pada 21 Minang Mart. Data yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan analisis program SPSS
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah beberapa orang pelanggan yang berkunjung dan berbelanja pada Minang mart di Kota Padang. Pengujian ini menganalisis pengaruh permintaan barang kebutuhan pokok pada Minang Mart di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan jenis data primer, yaitu data yang didapatkan dari hasil penyebaran kuesioner kepada konsumen Minang mart di Kota Padang. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Linear Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan variabel harga dan jumlah anggota keluarga berpengaruh positif terhadap permintaan barang kebutuhan pokok pada Minang mart di kota Padang. Sedangkan variabel pendapatan berpengaruh negatif terhadap permintaan barang kebutuhan pokok pada Minang mart di kota Padang.
Dalam upaya meningkatkan permintaan barang kebutuhan pokok pada Minang Mart di Kota Padang hendaknya pemerintah Sumatera Barat sebaiknya memberikan pembinaan dan pelatihan kepada ritel Minang Mart agar mampu bersaing dalam menghadapi tingginya tingkat persaingan dengan Minimarket lain yang ada di Kota Padang, seperti harga yang murah dan memberi diskon atau potongan harga sehingga konsumen lebih memilih berbelanja di Minang Mart dari pada Minimarket lainnya.
Kata Kunci : Permintaan Barang Kebutuhan Pokok, Harga, Pendapatan dan Jumlah Anggota Keluarga dan Minang Mart

Published

2019-02-19