PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KETIMPANGAN SOSIAL TERHADAP KEMISKINAN DI SUMATERA BARAT

Authors

  • Tommy Hadrianov
  • Antoni Antoni
  • nurul huda

Abstract

Diantara permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah baik pusat maupun daerah adalah kemiskinan dan ketimpangan, dewasa ini pemertintah belum bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. Tiap rezim pemerintah dihadapkan pada pekerjaan rumah (PR) menurunkan kemiskinan dan mengurangi kesenjangan. Kemiskinan merupakan kondisi dimana individu atau masyarakat tidak mampu memenuhi kebutuhan diri sendiri maupun keluarga seperti sandang,pangan,papan dan pendidikan (Soegijokodalam Ibnussalam 2003).
Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan jangka panjang dalam kemampuan suatu Negara untuk menyediakan semakin banyak jenis barang-barang ekonomi kepada penduduknya. Kemampuan ini tumbuh sesuai dengan perkembangan teknologi, dan penyeseuiaan kelembagaan dan ideologis yang perlukannya Kuznet (Jhingan 2000). kesenjangan sosial adalah suatu ketidakseimbangan sosial yang ada di masyarakat sehingga menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok Abad Badruzaman (2009;284).
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk data Time Series. Data ini terdiri dari data Pertumbuhan ekonomi, Ketimpangan Sosial (dalam bentuk gini ratio) dan Kemiskinan. Data ini bersumber dari Badan Pusat Statistik, berbagai referensi literature, dan jurnal-jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Data ini mempunyai rentan waktu 15 tahun yaitu dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2016. Penelitian ini menggunakan Model analisis yaitu model ekonometrika dengan menggunakan Regresi Linear Berganda.
Dalam Penelitian ini mengajukan hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa
(1) Ketimpangan Sosial mempunyai pengaruh signifikan terhadap kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat. (2) pertumbuhan ekonomi mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap kemiskinan di Sumatera Barat. (3) bebas Ketimpangan Sosial dan Pertumbuhan Ekonomi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kemiskinan di Sumatera Barat.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa Ketimpangan Sosial mempunyai pengaruh signifikan terhadap kemiskinan. pertumbuhan ekonomi mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap kemiskinan. Ketimpangan Sosial dan Pertumbuhan Ekonomi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap terikat Kemiskinan.
Kata kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Ketimpangan Sosial, Kemiskinan

Published

2019-02-19