ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP BELANJA DAERAH KABUPATEN SOLOK SELATAN

Authors

  • Aulia Yulindo
  • Syafrizal Chan
  • firdaus Sy

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh PAD, DAU dan DAK terhadap belanja daerah di Kabupaten Solok Selatan dari tahun 2006-2017. Sebagian besar belanja daerahnya berasal dari dana transfer pemerintah pusat karena minimnya pendapatan yang bersumber dari pendapatan asli daerah. Sehingga kemampuan daerah untuk mempertahankan dan meningkatkan perekonomian daerah dapat dikatakan masih sangat terbatas, mengingat peranan pendapatan asli daerah yang masih rendah dalam penerimaan APBD.
Pengertian belanja daerah menurut PSAP No.2, (Erina, 2008) adalah “semua pengeluaran dari rekening kas umum negara/daerah yang mengurangi saldo anggaran lebih dalam peiode tahun anggaran berangkutan yang tidak akan diperoleh pembayarannya kembali oleh pemerintah”.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan metode regresi linear berganda yang di ambil dari tahun 2006-2017. Di mana data ini bersumber dari lembaga atau instansi terkait seperti, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa, PAD berpengaruh negatif signifikan terhadap belanja daerah di Kabupaten Solok Selatan, Dana Alokasi Umum berpengaruh positif signifikan terhadap belanja daerah di Kabupaten Solok Selatan dan Dana Alokasi Khusus berpengaruh positif tidak signifikan terhadap belanja daerah Kabupaten Solok Selatan.
Kata Kunci : PAD, DAU, DAK, Belanja Daerah

Published

2019-02-25