PENGARUH KEPERCAYAAN, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA PENGIRIMAN PT. AWR CARGO EXPRESS DI KOTA PADANG

Authors

  • Andre Rachmat
  • Dahnil Johar
  • Yulihar Mukhtar

Abstract

Pada saat sekarang ini perkembangan industri jasa pengiriman mengalami peningkatan, era
globalisasi menuntut manusia untuk mempunyai mobilitas yang tinggi, sejak diberlakukannya
pasar bebas di Indonesia, jadi arus perdagangan barang atau jasa menjadi tidak terbatas.
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jasa pengiriman barang semakin meningkat.
Keberadaan jasa pengiriman barang membuat semua lapisan masyarakat sangat terbantu, apa
lagi para pelaku bisnis. Salah satu jasa pengiriman barang yang ada di Kota Padang adalah
PT. AWR Cargo Express berdiri pada tahun 2002 pada saat itu PT. AWR Cargo Express
cuma menjadi jasa travel yang mayoritas penumpangnya yang tujuan Padang yaitu ke
bandara internasional minangkabau, semakin berlalunya waktu PT. AWR Cargo Express
berkembang dan melayani jasa pengiriman barang. PT. AWR Cargo Express sudah
mempunyai banyak kantor cabang dimana terdapat di seluruh Kota di Sumatera Barat dan
salah satu kantor ada di Jakarta.
Penelitian ini menguji mengenai pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap
kepuasan pelanggan pada Jasa Pengiriman PT. AWR Cargo Express di Kota Padang.
penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 60 orang responden yang pernah menggunakan
Pengiriman PT. AWR Cargo Express di Kota Padang. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa semua variabel independent yaitu kepercayaan dan kualitas pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Jasa Pengiriman PT.
AWR Cargo Express di Kota Padang.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kedua variabel independen yaitu kepercayaan
dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada
Jasa Pengiriman PT. AWR Cargo Express di Kota Padang.

Kata kunci : Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan

Published

2019-02-27