PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU HONESTO DI KOTA PADANG

Authors

  • Roki Putra Silsika
  • Dahnil Johar
  • Ice Kamela

Abstract

Sepatu Honesto merupakan sebuah sepatu casual yang dapat dipergunakan untuk
menunjang aktvitas sehari-hari. Namun perkembangan sepatu casual pada dewasa ini
sangat pesat. Seiring dengan kemajuan teknologi dan tren dunia bisnis sepatu saat ini
mengalami perubahan dan perkembangan yang begitu cepat.
Menurut Kotler dan Keller (2009:178) terdapat beberapa faktor yang
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen yaitu rangsangan pemasaran yang
terdiri dari produk dan jasa, harga, distribusi dan komunikasi. Konsumen dengan citra
yang positif terhadap suatu merek, lebih memungkinkan untuk melakukan pembelian
(Setiadi, 2003:106). Selanjutnya salah satu tujuan dari pelaksanaan kualitas produk
adalah untuk mempengaruhi konsumen dalam menentukan pilihannya untuk
menggunakan produk buatannya sehingga memudahkan konsumen dalam pengambilan
keputusan pembelian. Pemahaman perilaku konsumen tentang kualitas produk dapat
dijadikan dasar terhadap proses keputusan pembelian konsumen (Sutisna, 2001:26).
Tjiptono(2008:219)mengatakan pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk
komunikasi pemasaran, yang dimaksud komunikasi pemasaran adalah aktivitas
pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk dan
mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima,
membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas
produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian sepatu honesto di kota Padang.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli atau menggunakan
Sepatu Honesto di kota padang, dengan jumlah sampel sebanyak 138 orang. Teknik
pengambilan sampel menggunakan metodepurposive sampling.Jenis data yang
digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data yang
digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan
uji T-test statistik untuk membuktikan pengaruh variabel independen terhadap variabel
dependen secara parsial atau individu.

Dari hasil penelitian ditemukan Citra merek berpengaruh positif dan signifikan
terhadapkeputusan pembelian sepatu honesto di Kota Padang.Kualitas produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadapkeputusan pembelian sepatu honesto di Kota
Padang.Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadapkeputusan pembelian
sepatu honesto di Kota Padang.

Kata Kunci : Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi, Keputusan
Pembelian

 

Published

2019-02-27