ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KOPI MEREK CAP KUDA TERBANG DI KOTA PADANG

Authors

  • Yusar Alfahri
  • Irda Irda
  • Yulihar Mukhtar

Abstract

INTISARI
Saat ini kopi bukan lagi sekedar kebutuhan, hal itu ditunjukkan dengan
menjamurnya kafe dan kedai kopi di berbagai sudut jalanan. Banyaknya kedai kopi juga
mempunyai daya tarik tersendiri, itu akan merangsang seseorang untuk datang mencoba
menu yang disuguhkan.Salah satu usaha kopi di daerah kota Padang adalah industri
kopi merek Cap Kuda Terbang tepatnya. Usaha kopi bubuk inisudah ada semenjak
tahun 1984 yang kemudian tetap berproduksi sampai sekarang. Apabila dilihat dari segi
usia, usaha kopi ini sudah berproduksi cukup lama dan tetap bertahan di di tengahtengah
banyaknya
industri
kopi
bubuk
yang
bermunculan
dalam
dunia
industri.
Pertama

kali

usaha ini didirikan, kopinya dibuat dengan peralatan yang manual belum
menggunakan mesin. Untuk menggiling kopi dilakukan dengan menumbuk biji kopi
dengan alat seadanya namun sekarang peralatannya telah menjadi modern seiring
dengan berkembangnya zaman. Atas dasar itulah penulis tertarik untuk menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian kopi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis analisis faktor-faktor yang
mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian kopi merek Cap Kuda Terbang
Di Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen akhir yang
membeli dan mengkonsumsi Kopi Merek Kuda Terbang di Kota Padang, dengan
jumlah sampel sebanyak 138 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode
purposive sampling. Analisa data yang dipergunakan adalah analisis multivariat metode
analisis faktor.
Dari hasil penelitian ini ditemukan ada tiga faktor utama yang melatarbelakangi
.konsumen dalam pembelian Kopi Merek Cap Kuda Terbang di Kota Padang yaitu
sebagai berikut faktor pertama adalah ketersediaan produk memiliki total eigenvalues
7,109 dan persentase nilai variance sebesar 44,430%. Faktor kedua adalah
keterjangkauan harga produk memiliki total eigenvalues 1,310 dan persentase nilai
variance sebesar 8,188% dan selanjutnya untuk faktor ketiga adalah keterampilan
tenaga penjual memiliki total eigenvalues 1,189 dan persentase nilai variance sebesar
7,433%.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian

Published

2019-02-27