PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN CAFÉ PALANTA ROEMAH KAJOE KOTA PADANG

Authors

  • Muchry Muchry
  • Dahnil Johar
  • Yulihar Mukhtar

Abstract

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia telah berkembang ke arah yang lebih baik. Hal ini
terlihat sejalan dengan pesatnya perkembangan dunia bisnis, dimana semakin banyak pelaku
usaha membuka dan mengembangkan bisnis mereka.. Salah satu produk jasa yang merasakan
ketatnya persaingan perusahaan jasa saat ini adalah bisnis Cafe Palanta Roemah Kajoe.
Palanta Roemah Kajoe yang terletak di tepi sungai Jirak No. 10 Padang Lubuk Begalung
memang berlokasi di tepi kota akan tetapi para peminat yang mengunjungi tempat ini
terbilang tinggi dikarenakan suasana yang berdesign seperti rumah adat Rejang Lebong
seperti biasa kita lihat saat pertama mengunjungi tempat tersebut mayoritas bahan yang
dipakai adalah kayu dalam membangun prasarana-prasarana di tempat tersebut.
Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan lokasi terhadap
kepuasan konsumen Café Palanta Roemah Kajoe di Kota Padang. Penelitian ini
menggunakan sampel sebanyak 90 orang responden yang pernah berkunjung di Café Palanta
Roemah Kajoe di Kota Padang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
outer model, analisa deskriptif dan inner model.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan variabel independent yaitu kualitas pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Café Palanta Roemah Kajoe
di Kota Padang dan lokasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen Café Palanta Roemah Kajoe di Kota Padang.

Jadi dapat disimpulkan konsumen lebih mempertimbangkan kualitas pelayanan dalam
memutuskan untuk menggunakan jasa tersebut. Perusahaan harus lebih memahami dan
mempertimbangkan kebutuhan dari pelanggan.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Lokasi, dan Kepuasan konsumen

 

Published

2019-02-27