PENGARUH IKLAN, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN OBAT SAKIT KEPALA MEREK BODREX DI KOTA PADANG
Abstract
Bodrex menjadi salah satu pilihan dan alternatif dalam mencari obat sakit kepala yang
murah namun berkualitas. Perusahan Indonesia ini merupakan salah satu perusahaan yang
menghasilkan berbagai produk farmasi dan kesehatan berbagai merek. Hal ini di ketahui
dalam 3 tahun terakhir tidak ada mengalami perubahan peringkat market leader produk obat
sakit kepala di Indonesia. Namun dapat di lihat bahwa Top Brand Index Bodrex pada tahun
2016 mengalami kenaikan dari tahun 2015 sedangkan pada tahun 2017 Top Brand Index
Bodrex mengalami penurunan. Di lihat dari presentase Top Brand Index dari produk
pesaingnya, Bodrex menduduk peringkat pertama pada tahun 2015 sampai 2017.
Menurut Tjirptono (2012) mendefinisikan iklan sebagai suatu proses persuasi yang
tidak langsung, yang didasar ipadai nformasitentangkelebihansuatuproduk yang disusun
sedemikia nrupa.Menurut Kotlerdan Keller (2009) mendefinisikan harga sebagai jumlah uang
yang ditagihkan untuk suatu produk produk ata ujasa.MenurutKotlerdan Keller (2010),
mendefinisikan kualtias produk adalah totalitas fitur dan karakteristik produk atau jasayang
bergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau
tersirat.Menurut kotler dan keller (2009) keputusan pembelian adala h keputusan konsumen
mengenai preferensi atas merek-merek yang ada di dalam kumpulan pilihan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan harga dan kualitas produk
terhadap keputusan pembelian konsumen obat sakit kepala merek Bodrex di Kota Padang.
Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli obat sakit kepala merek bodrex
di Kota Padang berjumlah 100 orang responden.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jenis data dalam
penelitian ini adalah data primer dari penyebaran kuesioner. Metode analisis data dalam
penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t
statistikuntuk melihat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) iklan berpengaruh negatif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian konsumen obat sakit kepala merek Bodrex di Kota Padang. (2)
harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen obat sakit
kepala merek Bodrex di Kota Padang. (3) kualitas produk tidak berpengaruh terhadap
keputusan pembelian konsumen obat sakit kepala merek Bodrex di Kota Padang.
Disarankan kepada perusahaan obat saki tkepala merek Bodrex dengan hasil penelitian
inidapat di jadikan sebagai sumber informasi untuk pengambilan keputusan berhubungan
dengan iklan, harga, dan kualitas produk.