PENGARUH INDEPENDENSI, PENGALAMAN KERJA, KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KUALITAS AUDIT (STUDI EMPIRIS KAP DI KOTA PADANG, PEKANBARU, DAN PALEMBANG)

Authors

  • Rosi Mustika A.P
  • . Yunilma
  • Mukhlizul Hamdi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh independensi, pengalaman kerja, kecerdasan spiritual terhadap kualitas audit pada KAP di kota Padang, Pekanbaru, dan Palembang. Penelitian mengenai kualitas audit juga dilakukan oleh Internasioanl Forum Independent Regulators (IFIAR). Hasil penelitian IFIAR menunjukkan bahwa kualitas audit masih tergolong rendah. Hulu permasalahan yang menyebabkan kualitas audit masih tergolong rendah menurut IFIAR terletak pada tata kelola profesi akuntan publik yang didasari 5 sisi utama: standar profesi yang kurang merata,sistem pengendalian mutu KAP,penegakan sanksi terhadap pelanggaran profesi,rendahnya kesadaran atas tanggung jawab auditor, dan tingkat kompetensi (Media Indonesia,2016).

Teori pada penelitian ini menggunakan teori keagenan yang menjelaskan konflik kepentingan antara principal dan agen yang mengasumsikan bahwa individu masing-masing telah termotivasi oleh kepentingan diri sendiri (Jansen and Meckling, 1976). Teori lain yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori atribusi yang menjelaskan pemahaman individu akan reaksi individu terhadap kejadian disekitar mereka, dengan mengetahui penyebab-penyebab atas kejadian yang mereka alami (Morrison, 2014).

Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner.Populasidalampenelitianiniadalah KAP yang beradadiwilayah Sumatera danterdaftar di Direktori IAPI(IkatanAkuntanPublik Indonesia).Sampel dalam penelitian ini adalah KAP yang ada dikota Padang, Pekanbaru, dan Palembang. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan yakni pada bulan Juli sampai September. Kuesioner diantar langsung oleh peneliti ke kantor akuntan publik di kota Padang, Pekanbaru, dan Palembang. Jumlah responden dalam penelitian ini 85 responden. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik Purposive Sampling dengan kriteria sebagai berikut: auditor minimal memiliki pendidikan D3, pengalaman kerja minimal 1 tahun. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linear Berganda dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 16. Uji yang digunakan meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik. Hipotesis di uji menggunakan uji t.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa independensi dan pengalaman kerja berpengaruh terhadap kualitas audit, sedangkan kecerdasan spritual tidak berpengaruh terhadap kualitas auditpada Kantor AkuntanPublik di Kota Padang, Pekanbaru, dan Palembang..

Kata Kunci : Independensi, Pengalaman Kerja, Kecerdasan Spiritual, Kualitas Audit.

Published

2019-02-27