PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ES DURIAN GANTI NAN LAMO

Authors

  • Aidil Fajri
  • Irda Irda
  • Reni Yuliviona

Abstract

Perkembangan ekonomi di Indonesia telah berkembang ke arah yang lebih baik.Hal ini terlihat sejalan dengan pesatnya perkembangan dunia bisnis, dimana semakin banyak pelaku usaha membuka dan mengembangkan bisnis mereka.Salah satu bisnis yang sedang
berkembang di Indonesia saat ini adalah café. Salah satu cafe yang berada di kota Padang adalah es durian Ganti Nan lamo. Cafe es  durian ini didirikan pada tahun 1960 yang berlokasi di Jalan Pulau Karam 103 B, Padang, Merupakan kedai es durian pertama di Padang. Café es durian ini sangat dikenal oleh masyarakat kota Padang.
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen Es Durian Ganti Nan Lamo.Penelitian ini menggunakan teknik
penarikan sampel Non Probability Sampling dengan metode pengambilan sampel Purposive Sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang responden yang pernah berkunjung
ke Es Durian Ganti Nan Lamo. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Partial Least Square.
Hasil penelitian ini menemukah bahwa variabel independent yaitu kualitas
pelayanan dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Es Durian Ganti Nan Lamo.
Implikasi dari hasil penelitian ini dapat memberikan masukan bagi manajemen Es Durian Ganti Nan Lamo untuk meningkatkan kepuasan konsumen dimasa yang akan datang.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Lokasi, dan Kepuasan Konsumen

Published

2019-02-27