PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION, SERVICE QUALITY, DAN CUSTOMER VALUE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KARAMBIA CAFE DI KOTA PADANG

Authors

  • Risa Risdiawati
  • Surya Dharma
  • Linda Wati

Abstract

Perkembangan dunia bisnis pada saat ini semakin pesat hal tersebut dikarenakan pasar  terbuka luas dan peluang bisnispun menjadi semakin lebar. Kota Padang adalah salah satu kota
di Indonesia yang mengalami peningkatan pada sektor industri restoran. Peningkatan jumlah rumah makan, restoran dan cafe di Kota Padang membuat tingkat persaingan di bisnis rumah
makan, restoran, dan cafe semakin tinggi. Hal inilah yang penting untuk mendorong pelaku uasaha untuk mendirikan usaha cafe karambia, karambia cafe di dirikan pada bulan februari 2016
yang beralamat di Jl. Batang Arau No.70, Berok Nipah, Padang Barat, Kota Padang.
Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh customer satisfaction, service quality, dan customr value terhadap loyalitas pelanggan karambia cafe di kota padang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 138 orang responden yang pernah makan di karambia cafe kota
padang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dan pengujian t-statistik, dengan bantuan program SPSS (Statistical package for social science).  
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan variabel independent yaitu customer satisfaction,
service quality, dan customer value berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan karambia cafe kota padang. Jadi dapat disimpulkan konsumen lebih mempertimbangkan customer satisfaction. Serivice quality, dan customer value dalam memutuskan untuk menggunakan jasa
tersebut. Perusahaan harus lebih memahami dan mempertimbangkan kebutuhan dari pelanggan.
 
Kata Kunci : Customer Satisfaction, Service Quality, Dan Customer Value Terhadap Loyalitas Pelanggan



Published

2019-02-27