PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN JASA IT INSPIRATION JAYA KOMPUTER

Authors

  • Aditya Ramadhana
  • Yulihar Mukhtar
  • Irda Irda

Abstract

Banyaknya perusahaan jasa perbaikan elektronik yang berkembang pada saat ini membuat persaingan dalam dunia bisnis usaha jasa bersaing dengan sangat ketat. Hal inilah yang harus dipertimbangkan oleh pelanggan dalam memilih tempat untuk menggunakan jasa
perbaikan elektronik tersebut. Salah satunya yang berada di kota padang yaitu perusahan jasa IT Inspiration Jaya Komputer yang berada di daerah cendrawasih jalan todak nomor 13.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, kepercayaan dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan pada perusahaan jasa IT Inspiration Jaya Komputer di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 80 orang responden yang pernah menggunakan jasa IT Inspiration Jaya Komputer di Kota Padang. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakanan alisis regresi linear berganda dengan alat uji yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan uji instrumen penelitian, analisis inferensial, uji asumsi klasik.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan variabel independent yaitu kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada perusahan IT Inspiration Jaya Komputer di Kota Padang. Kemudain pada variable kepercayaan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada perusahaan jasa IT
Inspiration Jaya Komputer di kota padang dan citra merek tidak berpengaruh positif dan terhadap kepuasan pelanggan pada perusahaan jasa IT Inspiration Jaya Komputer  di Kota Padang.
Jadi dapat disimpulkan bahwasannya pelanggan lebih menyukai kualitas layanan yang diberikan oleh pihak perusahaan sehingga membentuk suatu kepercayaan yang baik terhadap perusahaan tersebut tanpa harus melihat merek yang digunakan oleh perusahaan itu sendiri.
 
Kata kunci : Kualitas Layanan, Kepercayaan, Citra Merek, dan Kepuasan Pelanggan  


Published

2019-02-27