PENGARUH KUALITAS AUDIT, RETURN ON ASSET, DAN LEVERAGE TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi empiris perusahaan manufaktur di bidang industri makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017)

Authors

  • Muhammad Iqbal
  • Popi Fauziati
  • Resti Yulistia Muslim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas audit, return on asset, dan leverage terhadap tax avoidance. Dimana Tax Avoidance tidak termasuk pelangaran atas perundang-undangan perpajakan atau secara etik tidak diangap salah dalam rangka usaha wajib pajak untuk mengurangi, menghindari, meminimkan atau meringankan beban pajak dengan cara-cara yang di mungkinkan oleh undang undang pajak (Zain, 2007).

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keagenan (Agency Theory) adalah hubungan atau kontrak antara principal atau agen (agent). Principal memperkerjakan agent untuk bertindak sesuai dengan kepentingan principal, namun principal dan agent mempunyai perbedaan preferensi dan tujuan (Halim & Muhammad, 2014). Perbedaan kepentingan antara prinsipal dan agen dapat mempengaruhi berbagai hal menyangkut kinerja perusahaan salah satunya kebijakan perusahaan terkait pajak.

Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur di bidang industri makanan dan minuman (barang konsumsi) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017. Penentuan sampel ini dengan menggunakan purposive sampling, yaitu sampel yang dimiliki kesesuaian karakteristik sampel dengan kriteria pemilihan sampel yang telah ditentukan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas berpengaruh positif signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan return on asset dan leverage tidak berpengaruh terhadap tax avoidance.

Kata kunci : Tax Avoidance, Kualitas Audit, Return On Asset, Leverage

Published

2019-02-27