FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PUBLIKASI LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)

Authors

  • Revi Fitrah Hani
  • . Yunilma
  • Yeasy Darmayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage, likuiditas, umur perusahaan, dan ukuran perusahaan terhadap ketepatan waktu publikasi laporan keuangan. Bursa Efek Indonesia menyatakan ada 70 perusahaan terbuka atau emiten yang belum menyampaikan laporan keuangan kuartal I-2017. Pada tanggal 21 Maret 2017 BEI telah memberhentikan sementara perdagangan saham 27 perusahaan yang melantai di bursa. Dari 27 perusahaan yang dibekukan tersebut, ada 13 perusahaan yang akan dikeluarkan secara paksa atau force delisting dari papan perusahaan terbuka. (liputan6.com)

Teori pada penelitian ini menggunakan teori keagenan dan teori kepatuhan. Teori keagenan menjelaskan bahwa teori keagenan sebagai hubungan yang didalamnya terdapat suatu kontrak dimana satu orang atau lebih (principal) dapat memerintah orang lain (agent) untuk melakukan suatu jasa atas nama principal dan memberikan wewenang kepada agent untuk membuat suatu keputusan yang terbaik bagi principal (Jensen dan Meckling, 1976). Teori kepatuhan telah diteliti pada ilmu-ilmu sosial khususnya di bidang psikologis dan sosiologis lebih menekankan pada pentingnya proses sosialisasi dalam mempengaruhi perilaku kepatuhan seorang individu. Seorang individu cenderung mematuhi hukum yang mereka anggap sesuai dan konsisten dengan norma-norma internal mereka.

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2013-2017. Teknik pegambilan sampel yaitu teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 14 perusahaan dengan periode pengamatan dilakukan selama 5 tahun. Sehingga jumlah sampel berjumlah sebanyak 70 observasi. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi logistik.

Kesimpulan pada penelitian ini bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap ketepatan waktu publikasi laporan keuangan, leverage tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu publikasi laporan keuangan, likuiditas tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu publikasi laporan keuangan, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu publikasi laporan keuangan, umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu publikasi laporan keuangan.

Kata kunci : Ketepatan Waktu Publikasi Laporan Keuangan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan.

Published

2019-02-27