PENGARUH SUKU BUNGA, NAGI HASIL, DAN JAKARTA ISLAMIC INDEKS TERHADAP DEPOSITO MUDHARABAH PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

Authors

  • Sylvi Anggraini
  • . Ethika
  • Novia Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh suku bunga, bagi hasil, dan pertumbuhan Jakarta islamic indeks terhadap jumlah deposito mudharabah perbankan syariah di Indonesia. Perkembangan deposito mudharabah Bank Umum Syariah (BUS) pada tahun 2013 sampai 2016 mengalami kenaikan setiap tahunnya, namun di tahun 2017 perkembangan deposito mudharabah terjadi penurunan. Namun jika dilihat dari peningkatan jumlah dana deposito mudharabah menunjukkan BUS sangat mampu memberikan bagi hasil yang besar terhadap dana deposan. (Laporan Statistik Perbankan Syariah)

Bank terdiri dari dua jenis, yaitu bank konvensional dan bank syariah.Bank konvensional adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya secara konvensional yang terdiri atas Bank Umum Konvensional dan Bank Perkreditan Rakyat sedangkan Bank Syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah yang terdiri atas Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah.

Populasi penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang menurut data Bank Indonesia hingga januari 2018 terdapat 12 Bank. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan criteria tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia pada tahun 2013-2017.

Dalam penelitian ini mengajukan tiga hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) suku bunga tidak berpengaruh signifikan terhadap deposito mudharabah., (2) bagi hasil deposito berpengaruh positif signifikan terhadap deposito mudharabah, (3) pertumbuhan indeks tidak berpengaruh signifikan terhadap deposito mudharabah.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa suku bunga, dan Jakarta islamic ideks tidak berpengaruh signifikan terhadap deposito mudharabah, sedangkan bagi hasil berpengaruh positif signifikan terhadap deposito mudharabah.

Kata kunci : Suku Bunga, Bagi Hasil, Jakarta Islamic Indeks, Deposito Mudharabah

Published

2019-02-28