PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN FIRM SIZE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS

Authors

  • Annisa Aghilma
  • Popi Fauziati
  • . Nurhuda

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh good corporate governance dan firm size terhadap financial distress. PT. Dwi Aneka Jaya Kemasindo Tbk berdasarkan laporan keuangan konsolidasi perseroan hingga kuartal III-2017, diketahui memiliki hutang terhadap beberapa perbankan yang jumlahnya mencapai Rp870,17 miliar. Sementara jumlah aset perseroan hingga akhir September 2017 sebesar Rp 1,3 triliun. Angka itu sudah turun jika dibandingkan jumlah aset pada akhir Desember 2016 sebesar Rp 1,5 triliun (www.finance.detik.com).

Teori pada penelitian ini menggunakan teori agensi. Teori agensi ini menjelaskan hubungan yang didalamnya terjadi kontrak atau perjanjian antara satu pihak, yaitu pemiliki perusahaan (principal), dengan pihak lain, yaitu manajemen perusahaan (agen)(Jensen dan Meckling, 1976).

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 101 perusahaan. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Logistik.

Dalam penelitian ini mengajukan lima hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap financial distress, (2) kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap financial distress, (3) jumlah dewan direksi berpengaruh positif terhadap financial distress, (4) jumlah dewan komisaris independen berpengaruh negatif terhadap fnancial distress, (5) firm size berpengaruh positif terhadap financial distress.

Kesimpulan pada penelitian ini menujukkan bahwa kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap financial distress, kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap financial distress, jumlah dewan direksi berpengaruh positif terhadap financial distress, jumlah dewan komisaris independen berpengaruh negatif terhadap financial distress, dan firm size berpengaruh positif terhadap financial distress.

Kata kunci: Financial Distress, Good Corporate Governance, Firm Size

Published

2019-02-28