PENGARUH PEMAHAMAN PAJAK, TARIF PAJAK, TENOLOGI DAN INFORMASI PERPAJAKAN TERHADAP TAX EVASION (Studi Empiris WPOP di Kantor Pelayanan Pajak Bukittinggi)

Authors

  • Nurul Afika
  • . Yunilma
  • Yeasy Darmayanti

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh pemahaman pajak, tarif pajak, teknologi dan informasi perpajakan terhadap tax evasion (studi empiris WPOP di Kantor Pelayanan Pajak Bukittinggi). Pajak merupakan sumber pendapatan dan belanja negara (APBN) yang utama bagi Indonesia. Indonesia sebagai negara yang berkembang masih terus melaksanakan pembangunan negara untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sehingga terciptanya kesejahteraan nasional.

Teori dalam penelitian ini menggunakan Teory Planned Behavior (TPB). Adjen (1991) mengungkapkan bahwa Theory of Panned Behavior merupakan pengembangan dari Theory of Reasoned Action yang bertujuan melihat hubungan dari prilaku-prilaku yang dimunculkan oleh individu untuk menanggapi sesuatu. Dalam Theory of Planned Behavior (TPB) terdapat variabel kontrol keperilakuan yang tidak terdapat pada Theory of Reasoned Action (TRA).

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh wajib pajak orang pribadi pada tahun 2017 berjumlah 176.654 yang terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Bukittinggi, pemilihan sampel dengan menggunakan teknik Convenience sampling dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Hipotesis diuji dengan menggunakan Analisis Linear Berganda dengan bantuan program SPSS 23.

Penelitian ini menguji tiga hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) pemahaman pajak berpengaruh signifikan terhadap tax evasion, (2) tarif pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap tax evasion, (3) teknologi dan informasi perpajakan berpengaruh signifikan terhadap tax evasion.

Keterbatasan dalam penelitian ini hanya dilakukan di kota Bukittinggi saja sehingga hasil penelitian ini hanya mencerminkan mengenai kondisi penggelapan pajak di kota Bukittinggi. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas wilayah observasi dan dapat menambahkan variabel yang berhubungan dengan tax evasion.

Kata kunci : Tax Evasion, Pengaruh Pemahaman Pajak, Tarif Pajak, dan Teknologi dan Informasi Perpajakan.

Published

2019-02-28