PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN D’BESTO CABANG SITEBA DI KOTA PADANG

Authors

  • Rizki Putra Yulsardi
  • Yulihar Mukhtar
  • Zeshasina Rosha

Abstract

Pertumbuhan industri makanan cepat saji kini semakin marak khususnya di kota Padang, maka tidak heran jika terjadi persaingan yang sangat ketat. Dengan adanya persaingan ini, maka suatu perusahaan diharuskan untuk dapat memenuhi persyaratan agar dapat bertahan dalam arus persaingan yang sangat ketat, seperti menciptakan daya tarik pelanggan dan mempertahankan pelanggan. D’besto adalah salah satu bisnis makanan cepat saji yang ada di Kota Padang. D’besto memiliki cabang di kota-kota besar di Indonesia seperti di Jakarta, Banten, Jawa barat, Riau  dan Sumatera barat. Di Kota Padang cabang D’besto berada di Siteba, Jati, Simpang Anduring, G-sport Gunung Pangilun dan Pasar Baru Kota Padang. D’besto menyediakan berbagai macam makanan cepat saji seperti ayam goreng, burger, kentang, spaghetti dan minuman.
Teori dalam penelitian ini adalah tentang kepuasan konsumen, kualitas produk, harga dan lokasi. Menurut Kotler dan Keller (2009) kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk (hasil) terhadap ekspektasi mereka. Kemudian menurut Kotler dan Armstrong (2009) kualitas produk adalah kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya, meliputi daya tahan, keandalan, ketepatan, kemudahan operasi dan perbaikan serta atribut bernilai lainnya. Selanjutnya harga menurut Swastha (2007) adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya. Selanjutnya lokasi menurut Kotler dan Armstrong  (2008) menyatakan bahwa place (tempat) atau  lokasi, yaitu berbagai  kegiatan  perusahaan  untuk membuat  produk  yang  dihasilkan/dijual  terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran.
Penelitian ini menguji mengenai pengaruh kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen D’besto Cabang Siteba di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 80 responden. Pengujian dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedasitas, uji koefisien determinan (R2), dan uji t-statistik dengan bantuan program SPSS versi 16.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen D’besto Cabang Siteba di Kota Padang. Sedangkan kualitas produk dan lokasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen D’besto Cabang Siteba di Kota Padang.
Hal ini dapat disimpulkan bahwa kesesuaian harga yang ditawarkan terhadap produk yang diterima memberikan rasa kepuasan bagi konsumen D’besto Cabang Siteba di Kota Padang.
Sedangkan kualitas produk dan lokasi tidak menjadi faktor yang paling penting terhadap kepuasan konsumen D’besto Cabang Siteba di Kota Padang.
Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Kulitas Produk, Harga Dan Lokasi.

Published

2019-02-28