PENGARUH KEADILAN DISTRIBUTIF, KEADILAN PROSEDURAL DAN PERCEIVED NORMATIVE CONFLICT TERHADAP DEVIANT WORK BEHAVIORPADA KARYAWAN PT PERTAMINA CABANG PADANG

Authors

  • Putri Ilffani
  • Akmal Akmal
  • Ice Kamela

Abstract

Pada Penelitian ini yang melatarbelakangi dalam mengangkat penelitian adalah diketahui bahwa PT.Pertamina merupakan Perusahan terkemuka dan dikelola oleh negara yang berstatus Bumn, dimana Karyawan digaji dengan nilai yang cukup besar akan tetapi dilihat dari prilaku kesehariannya tak jarang sejumlah karyawan melakukan beberapa Prilaku yang dapat Merusak Image perusahan dan dapat memperburuk keadan didalam perusahaan. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah membuktikan pengaruh keadilan distributif, keadilan prosedural dan perceived normative terhadap deviant work behavior karyawan PT Pertamina Cabang Padang.
 
Perilaku menyimpang dalam bekerja atau disebut dengan Deviant Behaviour merupakan bentuk perilaku yang sering dijumpai dalam bekerja. Perilaku tersebut dapat menciptakan image atau pandangan negative terhadap diri individu atau pun organisasi yang menjadi tempat individu bekerja. Menurut Gibson et al (2012) deviant behavior dapat terjadi karena lemahnya keadilan distributif, keadilan procedural dan perceived normative conflict.   Penelitian ini menggunakan 80 orang karyawan PT Pertamina Cabang Padang.Pada penelitian ini digunakan dua kategori variabel. Pertama adalah variable independen yang terdiri dari keadilan distributif, keadilan procedural dan perceived normative conflict. Kedua adalah variable dependen yang terdiri dari deviant work behavior. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Analisis Regresi Linear berganda dan pengujian t-statistik.
 
Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan bantuan program SPSS ditemukan bahwa keadilan distributif, keadilan procedural dan perceived normative conflict berpengaruh negative dan signifikan terhadap deviant work behavior pada karyawan PT Pertamina Cabang Padang. Saya mengajukan sejumlah saran yang tentunya bisa dimanfaatkan oleh Perusahan agar lebih memperkuat Proses dan Prosedur Kerja yang lebih baik.
 
Kata Kunci: Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural, Perceived  Normative & Deviant Work Behavior

Published

2019-02-28