PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPUASAN KERJA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) (Studi Empiris pada perawat RSUD Dr. M. Zein Painan)

Authors

  • Muhammad Rahyu Afani
  • Ice Kamela
  • Purbo Jadmiko

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Zein Painan ialah salah satu layanan kesehatan milik pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, adapun upaya RSUD Dr. M. Zein painan dalam melakukan peningkatan kualitas pelayanan, namun masih banyak yang dirasakan oleh masyarakat kurangnya pelayanan yang baik diberikan pihak RSUD Dr. M. Zein Painan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan bagaimana pengaruh kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja dan kecerdasan emosional terhadap organizational  citizenship behavior (OCB).
 
Organizational citizenship behavior merupakan perilaku yang penuh kebebasan dalam bekerja yang bukan merupakan bagian persyaratan kerja formal pekerja, tetapi miskipun demikian, efektivitas organisasi tetap terjaga, bahkan terciptanya kinerja yang lebih baik yang pada akhirnya berimbas pada kinerja perusahaan yang lebih baik, maka dapat dipahami bahwa OCB merupakan perilaku yang bersifat sukarela, bukan merupakan tindakan yang terpaksa terhadap hal-hal yang mengedepankan kepentingan organisasi, tetapi merupakan perilaku individu sebagai wujud dari kepuasan berdasarkan kinerja dan tidak berkaitan secara langsung dengan sistem reward yang formal.
 
Sumber data yang digunakan adalah data Primer yang di peroleh melalui penyebaran kuosioner terhadap 100 perawat Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Zein Painan. Metode yang di gunakan adalah Model Regresi Linear Berganda.
 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior, kepuasan kerja dan kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior, pada perawat Rumah Sakit Umum Daerah Dr M Zein Painan. Artinya semakin baik kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja dan kecerdasan emosional pada perawat RSUD Dr. M. Zein Painan akan baik tingkat organizational citizenship behavior perawat RSUD Dr. M. Zein Painan. Oleh karena itu RSUD Dr. M. Zein Painan harus mampu meningkatkan kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja dan kecerdasan emosional agar terciptanya organizational citizenship behavior yang lebih baik pada perawat RSUD Dr. M. Zein Painan.
 
 
Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, Kecerdasan Emosional, Organizational Citizenship Behavior

Published

2019-02-28