PENGARUH SUPERVISOR’S SUPPORT DAN SELF-ESTEEM TERHADAP BURNOUT PEGAWAI KANTOR IMIGRASI KELAS 1A KOTA PADANG

Authors

  • Ilham Maulana Putri
  • Akmal Akmal
  • Purbo Jadmiko

Abstract

Imigrasi mempunyai peranan penting dan strategis terutama dalam pelaksanaan tugas  pokok dan fungsinya yaitu sebagai institusi yang melaksanakan pelayanan baik langsung maupun tidak langsung terhadap para pemohon keimigrasian seperti dokumen perjalanan yait u
Surat Perjalanan Republik Indonesia dan Surat Perjalanan Laksana Paspor; fasilitas keimigrasian pada warga negara asing yaitu pemberian visa, izin tinggal dan status keimigrasian, penyidikan dan penindakan keimigrasian; dan sistem teknologi keimigrasian.  
Burnout merupakan proses psikologis yang dihasilkan oleh stres pekerjaan yang tidak terlepaskan dan menghasilkan kelelahan emosi, perubahan kepribadian, dan perasaan pencapaian yang menurun. Dukungan atasan (Supervisor’s Support) dapat diartikan sebagai keterlibatan atasan dalam kemajuan proyek daya yang diperlukan. Dimensi utama telah muncul dari penelitian kepemimpinan untuk menggambarkan perilaku pemimpin. Harga diri (self-esteem)
adalah penilaian individu terhadap hasil yang dicapai dengan menganalisa sebera jauh perilaku memenuhi ideal dirinya. Dapat diartikan bahwa Self-Esteem menggambarkan sejauh mana individu tersebut menilai dirinya sebagai orang yang memiliki kemampuan, keberartian, berharga, dan kompeten.
Penelitian ini menganalisis supervisor’s support dan self-esteem terhadap burnout. Pada penelitian ini menggunakan 47 orang responden di Kantor Imigrasi Kelas 1A Kota Padang, teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Analisis dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan pengujian t-statistik.
Hasil penelitian menemukan bahwa supervisor’s support dan self-esteem tidak berpengaruh signifikan terhadap burnout di Kantor Imigrasi Kelas 1A Kota Padang. Hasil tersebut menyatakan bahwa supervisor’s support dan self-esteem tidak menurunkan burnout karena dipengaruhi oleh tingginya tingkat beban kerja yang terjadi di Kantor Imigrasi Kelas 1A Kota Padang.  
Kata kunci: supervisor’s support, self-esteem, burnout

Published

2019-02-28