ANALISIS PENGARUH BELANJA MODAL, PENANAMAN MODAL ASING, PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO DI INDONESIA

Authors

  • Reno Anofri
  • Irwan muslim
  • Erni Febrina Harahap

Abstract

Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Produk (GDP), Menurut Definisi umum para ahli mengatakan bahwa pengertian Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Produk (GDP) adalah jumlah produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi pada suatu daerah di saat tertentu. Produk Domestik Bruto (PDB) merupakan alat pengukur dari pertumbuhan ekonomi dimana alat pengukur pertumbuhan ekonomi adalah PDB, PDB perkapita dan Pendapatan per jam Kerja. Sebagai alat pengukur dalam pertumbuhan ekonomi PDB memiliki rumus dalam mencari PDB PDB diartikan sebagai nilai keseluruhan semua barang dan jasa yang diproduksi di dalam wilayah tersebut dalam jangka waktu tertentu (biasanya per tahun). PDB berbeda dari produk nasional bruto karena memasukkan pendapatan faktor produksi dari luar negeri yang bekerja di negara tersebut. Sehingga PDB hanya menghitung total produksi dari suatu negara tanpa memperhitungkan apakah produksi itu dilakukan dengan memakai faktor produksi dalam negeri atau tidak. Sebaliknya, PNB memperhatikan asal usul faktor produksi yang digunakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belanja modal, penanaman modal asing, penanaman modal dalam negeri terhadap produk domestik bruto dan membuktikan belanja modal meningkatkan produk domestik bruto di Indonesia. Data yang digunakan untuk mendukung penelitian adalah data sekunder.yaitu belanja modal, penanaman modal asing, penanaman modal dalam negeri terhadap produk domestik bruto bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS). Alat analisis yang digunakan pada peneliti ini adalah analisis linear berganda.
Hasil penelitian berdasarkan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa belanja modal, penanaman modal asing, penanaman modal dalam negeri berhubungan positif terhadap produk domestik bruto di Indonesia.
Kesimpulan dari penelitian tersebut produk domestic bruto di Indonesia Barat terjadi pengaruh positif terbukti, karena berdasarkan uji koefisien determinasi, naik turunnya variasi produk domestic bruto di pengaruhi oleh belanja modal, penanaman modal asing dan penanaman modal dalam negeri. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah pusat masih sangat bergantung pada belanja modal.
Kata Kunci : Belanja Modal, Penanaman Modal Asing, Penanaman Modal Dalam Negeri, Produk Domestik Bruto.

Published

2019-02-28