PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, PENGALAMAN USAHA TERHADAP PENERAPAN INFORMASI AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DI KOTA PADANG)

Authors

  • Tria Ayu Wulandary
  • . Herawati
  • Arie Frinola Minovia

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh pengetahuan akuntansi dan pengalaman usaha terhadap penerapan informasi akuntansi, studi empiris pada usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Padang. UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah perusahaan yang cenderung perusahaan rumahan dan tergolong kecil. UKM memiliki dampak yang besar untuk perekonomian masyarakat kecil, dan mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Permasalahan utama dari UKM terutama UKM di Kota Padang adalah tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai akuntansi dan sangat sedikit yang menerapkan informasi akuntaansi untuk kelancaran operasional.
Teori pada penelitian ini menggunakan teori legitimasi. Legitimasi dapat dianggap sebagai menyamakan persepsi atau asumsi bahwa tindakan yang dilakukan oleh suatu entitas adalah merupakan tindakan yang diinginkan, pantas atau pun sesuai dengan system norma, nilai, kepercayaan dan definisi yang dikembangkan secara sosial (Suchmandalam Rosita Candra 2009).
Populasi dari penelitian ini adalah semua UKM yang ada di Kota Padang. Jumlah populasi sebesar 2.953 buah UKM Kota Padang. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin didapatkan jumlah sampel sebesar 97 UKM. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.
Dalam penelitian ini mengajukan 3 hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) pengetahuan akuntansi tidak berpengaruh signifikan terhadap penerapan informasi akuntansi (2) pengalaman usaha berpengaruh signifikan terhadap penerapan informasi akuntansi (3) secara simultan pengetahuan akuntansi dan pengalaman usaha berpengaruh signifikan terhadap penerapan informasi akuntansi
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu pengetahuan akuntasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap penerapan informasi akuntasi, pengalaman usaha secara parsial berpengaruh terhadap penerapan informasi akuntasi dan pengetahuan akuntansi dan pengalaman usaha secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penerapan informasi akuntansi.
Kata Kunci : Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, Penerapan Informasi Akuntansi

Published

2019-02-28