PENGARUH KECUKUPAN ANGGARAN, KETEPATAN WAKTU INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sumatera Barat)

Authors

  • Sabbihies Maharsi
  • . Yunilma
  • . Herawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kecukupan anggaran, ketepatan waktu informasi akuntansi manajemen dan komitmen organisasi terhadap kinerja manajerial. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2017, ada 64 BPR dari 96 BPR yang terdapat di Sumatera Barat masih kesulitan untuk memenuhi ketentuan modal inti. Selain itu, enam Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Sumatera Barat sedang dalam pengawasan khusus Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena terancam bangkrut akibat memiliki risiko yang tinggi (hariankoranpadang.com, 2017).
Teori pada penelitian ini menggunakan teori kontijensi yang menganggap bahwa kepemimpinan adalah suatu proses kemampuan seorang pemimpin untuk melakukan pengaruhnya tergantung dengan situasi tempatnya memimpin. Seorang menjadi pemimpin bukan karena sifat-sifat kepribadiannya, tetapi karena berbagai faktor situasi dan adanya interaksi antara pemimpin dan situasi tersebut (Otley, 1980).
Populasi dalam penelitian ini meliputi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Sumatera Barat dengan sampel manajer Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di di Sumatera Barat. Sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling dengan jumlah responden 95 orang. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner langsung kepada responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 23. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji instrumen dan uji asumsi klasik.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1) kecukupan anggaran berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajerial, (2) ketepatan waktu informasi akuntansi manajemen berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajerial dan (3) komitmen organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajerial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajerial.
Kata kunci : Kecukupan anggaran, ketepatan waktu informasi akuntansi
manajemen, komitmen organisasi, kinerja manajerial

Published

2019-02-28