PENGARUH INDEPENDENSI, EFEKTIVITAS PERTEMUAN, AUDIT COMMITTE FINANCIAL EXPERTISE TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2017)

Authors

  • Ulfha Dwinanda Putri
  • Yeasy Darmayanti
  • Popi Fauziati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris tentang pengaruh independensi, efektivitas pertemuan, audit committe financial expertise terhadap kualitas laba. Kualitas laba merupakan gambaran mengenai kinerja perusahaan yang sebenarnya dalam menghasilkan pendapatan operasional dan juga merupakan salah satu informasi yang paling dibutuhkan oleh para pengguna laporan keuangan dalam proses pengambilan keputusan investasinya. Kasus yang membuktikan tidak baiknya kualitas laba sebuah perusahaan yaitu pada PT Toshiba yang telah menggelembungkan laba mencapai 151,8 miliar yen atau sekitar Rp 16 triliun selama enam tahun terakhir.

Teori agency menyatakan terdapat hubungan yang melandasi hubungan antara prinsipal dan agen dalam sebuah kontrak. Prinsipal merupakan pemilik atau pemegang saham perusahaan dan agen adalah manajemen perusahaan. Sarana yang dapat digunakan untuk mengawasi kontrak antara prinsipal dan agen dalam mengurangi ketidakpastian yaitu laporan keuangan. Dalam laporan keuangan tersebut, informasi yang sangat penting salah satunya informasi laba. Laba dapat digunakan untuk menilai kinerja sebuah perusahaan dan laba merupakan elemen terpenting dalam kontrak hubungan prinsipal dan agen.

Populasi dari penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2017. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 50 perusahaan. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Berganda.

Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa independensi berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laba, sedangkan efektivitas pertemuan dan audit committe financial expertise tidak berpengaruh terhadap kualitas laba.

Kata kunci: Kualitas Laba, Independensi, Efektivitas Pertemuan, Audit Committe Financial Expertise

Published

2019-02-28